Travel

Fakta Seputar Komodo Hewan Purba yang Hanya Ada di Indonesia

8 Fakta Seputar Komodo, Hewan Purba yang Hanya Ada di Indonesia

Indonesia boleh berbangga, menjadi habitat dari hewan purba Komodo dan masih lestari hingga saat ini. Pulau Rinca dan Pulau Komodo di Nusa Tenggara Timur saat ini menjadi habitat asli dari komodo. Banyak wisatawan yang sengaja berkunjung ke kawasan yang masuk dalam tujuh keajaiban dunia ini.

Ada banyak fakta menarik dari hewan dengan nama latin Varanus komodoensis ini. Seperti yang KompasTravel kutip dari penjelasn ranger Taman Nasional Komodo di Pulau Rinca, Sulaiman saat kunjungan Rabu :

1. Komodo Berusia Panjang

Komodo dapat hidup sampai usia 40-50 tahun. Untuk membedakan komodo muda dan tua, dapat dilihat dari bintik kuning di bagian dekat mata. Semakin banyak bintik kuning, manandakan usia komodo semakin muda.

2. Berlari Cepat Layaknya Manusia

Kecepatan lari komodo dapat mencapai 18-20 kilometer per jam. Kecepatan tersebut mirip dengan rata-rata kecepatan lari manusia. Kemampuan lari komodo tersebut juga menjadi keunggulan mereka untuk memangsa.

3. Suka Berjemur

Komodo berdarah dingin sehingga butuh panas matahari untuk membantu mencerna makanan. Maka waktu berkunjung yang tepat melihat komodo adalah saat pagi hari ketika mencari makanan dan berjemur.

4. Bisa Berenang

Komodo dapat berenang tetapi hanya sampai jarak 200-300 meter. Maka dari itu komodo tidak dapat berpindah pulau.

5. Musim Kawin

Saat mencapai usia 6-7 tahun, komodo betina memasuki musim kawin. Sedangkan komodo jantan berusia 9-10 tahun. Musim kwsin komodo jatuh pada Juni-Juli. Uniknya saat bulan tersebut, pengunjung dapat melihat komodo jantan memperebutkan komodo betina.

6. Masa Eram Telur

Komodo betina lantas mengambil alih sarang yang dibuat burung di tanah. Menjaga telurnya selama satu sampai dua bulan. Komodo dapat bertelur sampai 20 telur.

7. Anak Komodo

Setelah menetas anak komodo akan naik ke pohon dan hidup di pohon untuk menghindari pemangsa. Di pohon anak komodo makan kadal, burung, atau tikus. Pemangsa utama telur komodo adalah monyet, babi hutan, dan komodo. Sebab komodo adalah hewan kanibal atau pemakan sesama.

8. Bakteri pada Liur Komodo

Komodo usia 4-7 tahun baru mendapatkan bakteri ketika turun untuk dari pohon. Ada 60 bakteri yang terdapat dari liur komodo dan bakteri ini sangat berbahaya bagi mangsa komodo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *